foto kantor

foto kantor

Rabu, 19 Agustus 2015

KEPALA SEKOLAH



PROGAM KERJA
JANGKA PENDEK, JANGKA MENENGAH DAN  JANGKA PANJANG
KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI 2 KANDIS
TAHUN PELAJARAN 2014 – 2019

A.    LATAR BELAKANG
Menurut Undang-Undang Sisdiknas Nomor : 20 Tahun 2003 Bab 1 pasal (1) dinyatakan bahwa : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia , serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.
Untuk itu perlu diupayakan Sistem Pendidikan Nasional yang menjamin peningkatan mutu pendidikan, peningkatan relavasi dan efisiensi manajemen pendidikan serta pemerataan pelayanan pendidikan.
Dengan iklim yang demikian diharapkan mampu melahirkan calon-calon penerus pembanguan masa depan yang sabar, kompeten, mandiri, kritis, rasional, kreatif dan siap menghadapi berbagai macam tantangan, dengan tetap tawakal terhadap penciptanya.
Berdasarkan kepentingan tersebut SMA Negeri 2 Kandis sebagai salah satu instansi yang terkait langsung dengan sistem pendidikan nasional memandang perlu untuk melakukan perubahan program pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan sesuai dengan visi dan misi yang disepakati bersama.
Untuk itu maka kami menyusun dan merencanakan sebuah program peningkatan mutu pendidikan yang tertuang dalam rencana kerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek.
B.    DASAR HUKUM
1. Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional
2. Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standard Nasional Pendidikan
3. Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
4. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Dasar dan Menengah
5. Permendiknas No. 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Dasar dan Menengah
6. Permendiknas No. 52 Tahun 2008 tentang kriteria dan perangkat akreditasi menengah atas/madrasah aliyah
7. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002, Tanggal    19 April 2001 tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan
8.  Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002, Tanggal    04 Juni 2002 Tentang Akreditasi Sekolah
9. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 125/U/2002 Tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Mengajar Efektif.
C.    MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud penyusunan program kerja ini adalah :
·       Memberikan gambaran yang jelas tentang hasil-hasil yang telah dicapai, program-program yang akan dilaksanakan serta masalah-masalah yang dihadapi sekolah untuk jangka waktu 12  tahun ( jangka panjang ), 4 tahun (jangka menengah) dan tahun pelajaran 2014/2015 (jangka pendek).
·       Sebagai pedoman kerja semua personil sekolah dalam melaksanakan tugas mengajar, megelola dan membina kegiatan pelajaran tahun pelajaran 2015/2016.
Tujuan program kerja ini :
·     Memberikan landasan dan arah yang jelas dalam melaksanakan tugas selama kegiatan pendidikan berlangsung
·     Sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan sekolah
·     Sebagai tolak ukur dalam menilai hasil kerja
·     Sebagai sumber data dan informasi bagi penentuan kebijakan dan keputusan pimpinan.
D.    RUANG LINGKUP PROGRAM
Ruang lingkup program kerja ini meliputi :
a.      Program kerja jangka panjang ( 12 tahunan )
b.      Program kerja jangka menengah ( 4 tahunan )
c.      Progra kerja jangka pendek ( 1 tahunan )
E.     SASARAN PROGRAM
Sasaran program kerja ini adalah memperlancar kegiatan sekolah yang meliputi ke tiga program kerja tersebut.
Dalam rangka mencapai Tujuan Sekolah yang hendak dicapai SMA Negeri 2 Kandis, maka perlu di tetapkan tahapan-tahapan Kerja yang terbagi dalam Program Jangka Pendek (Tahunan), Program Jangka Menengah(Program 4 Tahunan) dan Program Jangka Panjang (Program 12 Tahunan) yaitu :

F.   PROGRAM JANGKA PANJANG (Program 12 Tahunan 2014 - 2026)
Tujuan :
1.    Pada tahun 2026, seluruh lulusan merupakan insan yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta taat melaksanakan ajaran agama nya.
2.   Pada tahun 2026, telah tercipta lahan pertamanan, perkebunan yang tertata dengan berbagai macam jenis tumbuhan bunga, sayur dan buah, serta hewan ternak yang layak menjadi pusat Studi Banding bagi sekolah lain baik lokal, regional maupun nasional serta tercipta sekolah yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat belajar tetapi juga berfungsi sebagai tempat Wisata yang Indah, Hijau, Bersih, dan Sehat.
3.    Pada tahun 2026, Pencapaian Hasil Ujian Akhir tiap mata pelajaran anak didik minimal 7,00 dengan nilai rata-rata minimal adalah 7,50
4.  Pada tahun 2026, memiliki Tim Karya Ilmiah Remaja yang tangguh hingga mampu bersaing di tingkat Nasional dan Internasional
5.    Pada tahun 2026, memiliki Tim Kreatifitas Remaja di bidang Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Komputer, Akademis, Seni Budaya, dan Bahasa Inggris yang mampu bersaing di tingkat Nasional dan Internasional
6.   Pada Tahun 2026, memiliki tim Olah Raga yang tangguh yang mampu bersaing di tingkat Nasional dan Internasional
7.   Pada tahun 2026, Proporsi anak didik yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta Ternama dan Perguruan Tinggi di Luar Negeri minimal 75%
8.  Pada tahun 2026, seluruh lulusan merupakan insan yang cinta dan perduli terhadap Lingkungan Hidup, serta mampu meningkatkan nilai ekonomis maupun nilai produktif lingkungan hidup anak didik.
9.    Pada tahun 2026, seluruh warga sekolah baik siswa, petugas administrasi, guru maupun kepala sekolah menguasai dan senantiasa menggunakan ICT sebagai media pembelajaran, media komunikasi baik antar warga sekolah maupun eksternal sekolah
10.  Pada tahun 2026, seluruh guru mampu melaksanakan Kegiatan Belajaran Mengajar di depan kelas dengan mengacu pada Multiple Intelegensi dari anak didik dan menggunakan pendekatan yang berlandaskan system pembelajaran Quantum Teaching dan Quantum Learning.
11. Pada tahun 2026, telah terlaksana kegiatan Unit Pusat Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di SMA Negeri 2 Kandis bagi guru-guru SMA Negeri 2 Kandis, baik dalam bidang Pendidikan Pengajaran maupun Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi  dengan mengacu pada Program Kegiatan Peningkatan Mutu Guru Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kab. Siak.
12.  Pada tahun 2026, kesejahteraan guru dan karyawan terpenuhi tidak hanya bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah saja melainkan melalui kegiatan-kegiatan yang produktif yang diciptakan oleh sekolah sesuai dengan kekhususan yang melekat pada sekolah
G.   PROGRAM JANGKA MENENGAH (2014 – 2018)
Tujuan :
1.     Pada tahun 2018, seluruh lulusan merupakan insan yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta taat melaksanakan ajaran agama nya.
2.   Pada tahun 2018, telah dilaksanakan penciptaan lahan pertamanan, perkebunan, yang tertata dengan berbagai macam jenis tumbuhan bunga, sayur dan buah, serta layak menjadi pusat Studi Banding bagi sekolah lain baik lokal, regional maupun nasional serta tercipta sekolah yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat belajar tetapi juga berfungsi sebagai tempat Wisata yang Indah, Hijau, Bersih, dan Sehat.
3.    Pada tahun 2018, Pencapaian Hasil Ujian Akhir tiap mata pelajaran anak didik minimal 6,50 dengan nilai rata-rata minimal adalah 7,00.
4.   Pada tahun 2018, memiliki Tim Karya Ilmiah Remaja yang tangguh hingga mampu bersaing di tingkat Propinsi dan Nasional.
5.     Pada tahun 2018, memiliki Tim Kreatifitas Remaja di bidang Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Komputer, Akademis, Seni Budaya, dan Bahasa Inggris yang mampu bersaing di tingkat Propinsi dan Nasional.
6.     Pada Tahun 2018, memiliki tim Olah Raga yang tangguh yang mampu bersaing di tingkat Propinsi dan Nasional.
7.    Pada tahun 2018, Proporsi anak didik yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri, dan Perguruan Tinggi Swasta Ternama minimal 60%.
8.  Pada tahun 2018, seluruh lulusan merupakan insan yang cinta dan perduli terhadap Lingkungan Hidup.
9.   Pada tahun 2018, seluruh warga sekolah menguasai dan senantiasa menggunakan ICT sebagai media pembelajaran, media komunikasi baik antar warga sekolah maupun eksternal sekolah.
10.  Pada tahun 2018, sebagian besar guru (sekurang-kurangnya 75%) mampu melaksanakan Kegiatan Belajaran Mengajar di depan kelas dengan mengacu pada Multiple Intelegensi dari anak didik dan menggunakan pendekatan yang berlandaskan system pembelajaran Quantum Teaching dan Quantum Learning.
11.  Pada tahun 2018, telah dimulai kegiatan Unit Pusat Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di SMA Negeri 2 Kandis bagi guru-guru SMA Negeri 2 Kandis baik dalam bidang Pendidikan Pengajaran maupun Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi  dengan mengacu pada Program Kegiatan Peningkatan Mutu Guru Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Siak
H.   PROGAM JANGKA PENDEK (Program Tahunan)
Dalam rangka mencapai tujuan Program Jangka Pendek maupun Jangka Panjang tersebut diatas, maka perlu penjabaran tahapan-tahapan kerja yang sistematis dan terukur yang terbagi dalam tahapan-tahapan tahunan (Progam Jangka Pendek) sehingga dapat dilaksankan secara baik dan terencana, adapun penjabaran tahapan kerja tersebut direncanakan sebagai berikut :
a.     PROGRAM TAHUN PERTAMA (2014 – 2015)
1.    Menanamkan keyakinan dan kesadaran pada anak didik tentang nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta taat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya, hal ini dilaksanakan secara kontinu, melalui kegiatan belajar mengajar di depan kelas, kegiatan keagamaan, peringatan hari besar keagamaan maupun pelaksanaan ibadah bersama,  yang dilaksanakan secara rutin, spontanitas maupun keteladanan.
2.    Peninjauan dan penyesuaian kembali KTSP, (kelengkapan dokumen I, dan dokumen II)
3.        Melengkapi bukti fisik 165  komponen dari  8 Standar  Nasional Pendidikan.
4.        Mengupayakan kelengkapan administrasi pembelajaran dari semua guru.
5.        Penataan file administrasi sekolah sesuai bidang masing-masing (Keuangan, Kepegawaian, Humas, Kesiswaan, Sarana Prasarana).
6.        Pendataan Inventarisasi sarana prasarana sekolah.
7.        Mengusahakan tertib aturan dan administrasi, semua bentuk kegiatan ada proposal dan laporan pertanggung jawaban secara tertulis.
8.        Tertib dan lengkap notulensi (Analen, notulen harian, notulen rapat guru, notulen rapat2 masing masing bidang).
9.        Menanamkan nilai-nilai disiplin kepada seluruh siswa baik dalam penampilan dan berpakaian, tertib waktu, dan melaksanakan kewajiban sebagai siswa disekolah, melalui Kegiatan Pramuka dan Latihan Baris Berbaris secara rutin bagi seluruh siswa, karena dengan sikap disiplin yang tinggi segala sesuatu yang direncanakan akan tercapai dengan baik dan mudah.
10.    Membina siswa dalam kegiatan olah raga khususnya bidang Sepak Bola, Futsal, Bola Basket dan Bola Volley agar mereka mampu bersaing dibidang olahraga dengan sesama pelajar di Kecamatan Kandis
11.    Menanamkan rasa percaya diri siswa bahwa mereka mampu bersaing dengan rekan-rekan lainnya yang memiliki kesempatan sekolah di sekolah yang berada di pusat kota, dengan cara menunjukkan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki dan dapat diandalkan sesuai dengan kekhususan sekolah mereka, sehingga mereka memiliki kebanggaan tersendiri dengan apa yang ada dan mereka miliki.
12.    Menata lingkungan sekolah menjadi lingkungan sesuai dengan kekhususan yang dimiliki sekolah yaitu Sekolah berwawasan khusus Lingkungan Hidup yang nantinya sekolah dengan halaman dan areal yang ada dapat menjadi Sekolah Wisata yang memiliki Halaman, Taman Bunga, Budi daya Tanaman Hias, Taman sayuran, Tanaman Obat, Kebun Buah dan Kolam Ikan, sehingga sekolah menjadi tempat yang indah dan menyenangkan untuk dikunjungi serta para siswa merasa tenang dan tentram didalamnya, yang pada akhirnya Sekolah menjadi tempat study banding, contoh sekolah Indah, Bersih, Hijau dan Sehat, dan arena wisata bagi sekolah lain dan masyarakat 

b.    PROGRAM TAHUN KEDUA  (2015 – 2016)
1.      Menanamkan keyakinan dan kesadaran pada anak didik tentang nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta taat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya, hal ini dilaksanakan secara kontinu, melalui kegiatan belajar mengajar di depan kelas, kegiatan keagamaan, peringatan hari besar keagamaan maupun pelaksanaan ibadah bersama,  yang dilaksanakan secara rutin, spontanitas maupun keteladanan.
2.      Menanamkan nilai-nilai disiplin kepada seluruh siswa baik dalam penampilan dan berpakaian, tertib waktu, dan melaksanakan kewajiban sebagai siswa disekolah, melalui Kegiatan Pramuka dan Latihan Baris Berbaris secara rutin bagi seluruh siswa, karena dengan sikap disiplin yang tinggi segala sesuatu yang direncanakan akan tercapai dengan baik dan mudah.
3.      Menyiapkan pembuatan Laboratorium IT dalam rangka mengembangkan minat dan bakat siswa dan guru dalam bidang IT baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun pengembangan kemampuan dibidang Teknologi Informatika.
4.      Mengusahakan semua jenis kegiatan sekolah dimulai tepat waktu.
5.      Mendisiplinankan siswa dalam upaya menurunkan tingkat keterlambatan.
6.      Menerapkan aturan sekolah secara konsekuwen.
7.      Memilah sampah organik dan unorganik dan mengolahnya (Pengolahan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat).
8.      Mengusahakan peningkatan prestasi akademik dan non akademik siswa.
9.      Meningkatkan profesionalisme semua unsur sekolah (guru, tenaga tata usaha, tenaga lab, pustakawan, tenaga pelaksana dan keamanan
10.  Membina siswa dalam kegiatan olah raga khususnya bidang Sepak Bola, Footsal, Bola Basket dan Bola Volley agar mereka mampu bersaing dibidang olahraga dengan sesama pelajar di Kab. Siak
11.  Menanamkan rasa percaya diri siswa bahwa mereka mampu bersaing dengan rekan-rekan lainnya yang memiliki kesempatan sekolah di sekolah yang berada di pusat kota, dengan cara menunjukkan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki dan dapat diandalkan sesuai dengan kekhususan sekolah mereka, sehingga mereka memiliki kebanggaan tersendiri dengan apa yang ada dan mereka miliki.
12.  Menata lingkungan sekolah menjadi lingkungan sesuai dengan kekhususan yang dimiliki sekolah yaitu Sekolah berwawasan khusus Lingkungan Hidup yang nantinya sekolah dengan halaman dan areal yang ada dapat menjadi Sekolah Wisata yang memiliki Halaman, Taman Bunga, Budi daya Tanaman Hias, Taman sayuran, Tanaman Obat, Kebun Buah, sehingga sekolah menjadi tempat yang indah dan menyenangkan untuk dikunjungi serta para siswa merasa tenang dan tentram didalamnya, yang pada akhirnya Sekolah menjadi tempat study banding, contoh sekolah Indah, Bersih, Hijau dan Sehat, dan arena wisata bagi sekolah lain dan masyarakat 

c.     PROGRAM TAHUN KETIGA  (2016 – 2017)
1.        Menanamkan keyakinan dan kesadaran pada anak didik tentang nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta taat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya, hal ini dilaksanakan secara kontinu, melalui kegiatan belajar mengajar di depan kelas, kegiatan keagamaan, peringatan hari besar keagamaan maupun pelaksanaan ibadah bersama,  yang dilaksanakan secara rutin, spontanitas maupun keteladanan.
2.        Menghilangkan bentuk bentuk kegiatan yang bertentangan dengan persaudaraan sejati.
3.        Saling membantu dan mendukung jika ada teman yang mengalami kesulitan dalam hal pergaulan maupun ketertinggalan dalam belajar.
4.        Pelaksanaan kegiatan sekolah (ekstra kurikuler) yang bisa membaur dari seluruh kelas.
5.        Mengusahakan budaya kakak kelas bisa menjadi pengayon dan panutan yang baik bagi adik kelasnya.
6.        Mengusahakan setiap angkatan bisa lulus dan naik kelas 100% dengan pencapaian nilai minimal SKM.
7.        Mengusahakan siswa yang nyaman dan santun
8.        Mengusahakan  lulusan diterima di Perguruan Tinggi Negeri terakreditasi minimal 60%
9.        Menciptakan budaya sekolah yang dicintai dan disegani oleh masyarakat.
10.    Menanamkan nilai-nilai disiplin kepada seluruh siswa baik dalam penampilan dan berpakaian, tertib waktu, dan melaksanakan kewajiban sebagai siswa disekolah, melalui Kegiatan Pramuka dan Latihan Baris Berbaris secara rutin bagi seluruh siswa, karena dengan sikap disiplin yang tinggi segala sesuatu yang direncanakan akan tercapai dengan baik dan mudah.
11.    Menyiapkan pembuatan Laboratorium IT dalam rangka mengembangkan minat dan bakat siswa dan guru dalam bidang IT baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun pengembangan kemampuan dibidang Teknologi Informatika.
12.    Membina siswa dalam kegiatan olah raga khususnya bidang Sepak Bola, Footsal, Bola Basket dan Bola Volley agar mereka mampu bersaing dibidang olahraga dengan sesama pelajar di Kab. Siak
13.    Menanamkan rasa percaya diri siswa bahwa mereka mampu bersaing dengan rekan-rekan lainnya yang memiliki kesempatan sekolah di sekolah yang berada di pusat kota, dengan cara menunjukkan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki dan dapat diandalkan sesuai dengan kekhususan sekolah mereka, sehingga mereka memiliki kebanggaan tersendiri dengan apa yang ada dan mereka miliki.
14.    Menata lingkungan sekolah menjadi lingkungan sesuai dengan kekhususan yang dimiliki sekolah yaitu Sekolah berwawasan khusus Lingkungan Hidup yang nantinya sekolah dengan halaman dan areal yang ada dapat menjadi Sekolah Wisata yang memiliki Halaman, Taman Bunga, Budi daya Tanaman Hias, Taman sayuran, Tanaman Obat, Kebun Buah, sehingga sekolah menjadi tempat yang indah dan menyenangkan untuk dikunjungi serta para siswa merasa tenang dan tentram didalamnya, yang pada akhirnya Sekolah menjadi tempat study banding, contoh sekolah Indah, Bersih, Hijau dan Sehat, dan arena wisata bagi sekolah lain dan masyarakat
d.   PROGRAM TAHUN KEEMPAT  (2017 – 2018)
1.      Menanamkan keyakinan dan kesadaran pada anak didik tentang nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta taat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya, hal ini dilaksanakan secara kontinu, melalui kegiatan belajar mengajar di depan kelas, kegiatan keagamaan, peringatan hari besar keagamaan maupun pelaksanaan ibadah bersama,  yang dilaksanakan secara rutin, spontanitas maupun keteladanan.
2.      Mengupayakan budaya transparansi dalam melaksanakan tugas.
3.      Mengusahakan kemandirian dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab
4.      Mengusahakan budaya diskusi mencari solusi bersama untuk kebaikan bersama.
5.      Mengusahakan pembelajaran yang bermutu tinggi yang menyenangkan.
6.      Menjaga nama baik almamater
7.      Menanamkan nilai-nilai disiplin kepada seluruh siswa baik dalam penampilan dan berpakaian, tertib waktu, dan melaksanakan kewajiban sebagai siswa disekolah, melalui Kegiatan Pramuka dan Latihan Baris Berbaris secara rutin bagi seluruh siswa, karena dengan sikap disiplin yang tinggi segala sesuatu yang direncanakan akan tercapai dengan baik dan mudah.
8.      Menyiapkan pembuatan Laboratorium IT dalam rangka mengembangkan minat dan bakat siswa dan guru dalam bidang IT baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun pengembangan kemampuan dibidang Teknologi Informatika.
9.      Membina siswa dalam kegiatan olah raga khususnya bidang Sepak Bola, Footsal, Bola Basket dan Bola Volley agar mereka mampu bersaing dibidang olahraga dengan sesama pelajar di Kab. Sukabumi
10.  Menanamkan rasa percaya diri siswa bahwa mereka mampu bersaing dengan rekan-rekan lainnya yang memiliki kesempatan sekolah di sekolah yang berada di pusatkota, dengan cara menunjukkan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki dan dapat diandalkan sesuai dengan kekhususan sekolah mereka, sehingga mereka memiliki kebanggaan tersendiri dengan apa yang ada dan mereka miliki.
11.  Menata lingkungan sekolah menjadi lingkungan sesuai dengan kekhususan yang dimiliki sekolah yaitu Sekolah berwawasan khusus Lingkungan Hidup yang nantinya sekolah dengan halaman dan areal yang ada dapat menjadi Sekolah Wisata yang memiliki Halaman, Taman Bunga, Budi daya Tanaman Hias, Taman sayuran, Tanaman Obat, Kebun Buah , sehingga sekolah menjadi tempat yang indah dan menyenangkan untuk dikunjungi serta para siswa merasa tenang dan tentram didalamnya, yang pada akhirnya Sekolah menjadi tempat study banding, contoh sekolah Indah, Bersih, Hijau dan Sehat, dan arena wisata bagi sekolah lain dan masyarakat