PROGAM KERJA
JANGKA PENDEK, JANGKA
MENENGAH DAN JANGKA PANJANG
KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI 2 KANDIS
TAHUN PELAJARAN 2014 – 2019
A. LATAR
BELAKANG
Menurut Undang-Undang
Sisdiknas Nomor : 20 Tahun 2003 Bab 1 pasal (1) dinyatakan bahwa : Pendidikan adalah
usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk
memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia , serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat bangsa dan negara.
Untuk itu perlu
diupayakan Sistem Pendidikan Nasional yang menjamin peningkatan mutu
pendidikan, peningkatan relavasi dan efisiensi manajemen pendidikan serta
pemerataan pelayanan pendidikan.
Dengan iklim yang
demikian diharapkan mampu melahirkan calon-calon penerus pembanguan masa depan
yang sabar, kompeten, mandiri, kritis, rasional, kreatif dan siap menghadapi
berbagai macam tantangan, dengan tetap tawakal terhadap penciptanya.
Berdasarkan kepentingan
tersebut SMA Negeri 2
Kandis sebagai salah satu instansi yang terkait langsung dengan sistem pendidikan
nasional memandang perlu untuk melakukan perubahan program pendidikan secara
terencana, terarah dan berkesinambungan sesuai dengan visi dan misi yang
disepakati bersama.
Untuk itu maka kami
menyusun dan merencanakan sebuah program peningkatan mutu pendidikan yang
tertuang dalam rencana kerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek.
B. DASAR
HUKUM
1. Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005
tentang Standard Nasional Pendidikan
3. Permendiknas
No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
4. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Dasar dan
Menengah
5. Permendiknas No. 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk
Satuan Dasar dan Menengah
6. Permendiknas
No. 52 Tahun 2008 tentang kriteria dan
perangkat akreditasi menengah atas/madrasah aliyah
7. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002,
Tanggal 19 April 2001 tentang Penyusunan Standar Peningkatan
Mutu Pendidikan
8. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor :
087/U/2002, Tanggal 04 Juni 2002 Tentang Akreditasi Sekolah
9. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 125/U/2002 Tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam
Mengajar Efektif.
C. MAKSUD
DAN TUJUAN
Maksud penyusunan program kerja ini adalah :
·
Memberikan gambaran yang jelas tentang
hasil-hasil yang telah dicapai, program-program yang akan dilaksanakan serta
masalah-masalah yang dihadapi sekolah untuk jangka waktu 12 tahun (
jangka panjang ), 4 tahun (jangka menengah) dan tahun pelajaran 2014/2015 (jangka pendek).
·
Sebagai pedoman kerja semua personil
sekolah dalam melaksanakan tugas mengajar, megelola dan membina kegiatan
pelajaran tahun pelajaran 2015/2016.
Tujuan program kerja ini :
·
Memberikan landasan dan arah yang jelas
dalam melaksanakan tugas selama kegiatan pendidikan berlangsung
·
Sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan
sekolah
·
Sebagai tolak ukur dalam menilai hasil
kerja
·
Sebagai sumber data dan informasi bagi
penentuan kebijakan dan keputusan pimpinan.
D. RUANG
LINGKUP PROGRAM
Ruang lingkup program kerja ini meliputi :
a. Program kerja jangka
panjang ( 12 tahunan )
b. Program kerja jangka
menengah ( 4 tahunan )
c. Progra kerja jangka
pendek ( 1 tahunan )
E.
SASARAN PROGRAM
Sasaran program kerja ini adalah memperlancar kegiatan sekolah yang
meliputi ke tiga program kerja tersebut.
Dalam rangka mencapai Tujuan Sekolah yang hendak dicapai SMA Negeri 2 Kandis, maka perlu di tetapkan
tahapan-tahapan Kerja yang terbagi dalam Program Jangka Pendek (Tahunan),
Program Jangka Menengah(Program 4 Tahunan) dan Program Jangka Panjang (Program
12 Tahunan) yaitu :
F. PROGRAM
JANGKA PANJANG (Program 12 Tahunan 2014 - 2026)
Tujuan :
1. Pada tahun 2026, seluruh
lulusan merupakan insan yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta taat
melaksanakan ajaran agama nya.
2. Pada tahun 2026, telah
tercipta lahan pertamanan, perkebunan yang tertata
dengan berbagai macam jenis tumbuhan bunga, sayur dan buah, serta hewan ternak
yang layak menjadi pusat Studi Banding bagi sekolah lain baik lokal, regional
maupun nasional serta tercipta sekolah yang tidak hanya berfungsi sebagai
tempat belajar tetapi juga berfungsi sebagai tempat Wisata yang Indah,
Hijau, Bersih, dan Sehat.
3. Pada tahun 2026, Pencapaian
Hasil Ujian Akhir tiap mata pelajaran anak didik minimal 7,00 dengan
nilai rata-rata minimal adalah 7,50
4. Pada tahun 2026, memiliki
Tim Karya Ilmiah Remaja yang tangguh hingga mampu bersaing di tingkat Nasional
dan Internasional
5. Pada tahun 2026, memiliki
Tim Kreatifitas Remaja di bidang Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Komputer,
Akademis, Seni Budaya, dan Bahasa Inggris yang mampu bersaing di tingkat
Nasional dan Internasional
6. Pada Tahun 2026, memiliki
tim Olah Raga yang tangguh yang mampu bersaing di tingkat Nasional dan
Internasional
7. Pada tahun 2026, Proporsi
anak didik yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta
Ternama dan Perguruan Tinggi di Luar Negeri minimal 75%
8. Pada tahun 2026, seluruh
lulusan merupakan insan yang cinta dan perduli terhadap Lingkungan Hidup, serta
mampu meningkatkan nilai ekonomis maupun nilai produktif lingkungan hidup anak
didik.
9. Pada tahun 2026, seluruh
warga sekolah baik siswa, petugas administrasi, guru maupun kepala sekolah
menguasai dan senantiasa menggunakan ICT sebagai media pembelajaran, media
komunikasi baik antar warga sekolah maupun eksternal sekolah
10. Pada tahun 2026, seluruh
guru mampu melaksanakan Kegiatan Belajaran Mengajar di depan kelas dengan
mengacu pada Multiple Intelegensi dari anak didik dan menggunakan pendekatan
yang berlandaskan system pembelajaran Quantum Teaching dan Quantum Learning.
11. Pada tahun 2026, telah
terlaksana kegiatan Unit Pusat Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di SMA Negeri 2 Kandis bagi guru-guru SMA Negeri 2 Kandis, baik dalam
bidang Pendidikan Pengajaran maupun Bidang Teknologi Informasi dan
Komunikasi dengan mengacu pada Program Kegiatan Peningkatan Mutu Guru
Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kab. Siak.
12. Pada
tahun 2026, kesejahteraan
guru dan karyawan terpenuhi tidak hanya bersumber pada Anggaran Pendapatan dan
Belanja Sekolah saja melainkan melalui kegiatan-kegiatan yang produktif yang
diciptakan oleh sekolah sesuai dengan kekhususan yang melekat pada sekolah
G. PROGRAM JANGKA MENENGAH (2014 – 2018)
Tujuan :
1. Pada tahun 2018, seluruh
lulusan merupakan insan yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta taat
melaksanakan ajaran agama nya.
2. Pada tahun 2018, telah
dilaksanakan penciptaan lahan pertamanan, perkebunan, yang tertata dengan
berbagai macam jenis tumbuhan bunga, sayur dan buah, serta layak menjadi pusat
Studi Banding bagi sekolah lain baik lokal, regional maupun nasional serta
tercipta sekolah yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat belajar tetapi juga
berfungsi sebagai tempat Wisata yang Indah, Hijau, Bersih, dan Sehat.
3. Pada tahun 2018, Pencapaian
Hasil Ujian Akhir tiap mata pelajaran anak didik minimal 6,50 dengan
nilai rata-rata minimal adalah 7,00.
4. Pada tahun 2018, memiliki
Tim Karya Ilmiah Remaja yang tangguh hingga mampu bersaing di tingkat Propinsi
dan Nasional.
5. Pada tahun 2018, memiliki Tim Kreatifitas
Remaja di bidang Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Komputer, Akademis, Seni
Budaya, dan Bahasa Inggris yang mampu bersaing di tingkat Propinsi dan
Nasional.
6. Pada Tahun 2018, memiliki
tim Olah Raga yang tangguh yang mampu bersaing di tingkat Propinsi dan
Nasional.
7. Pada tahun 2018, Proporsi
anak didik yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri, dan Perguruan Tinggi
Swasta Ternama minimal 60%.
8. Pada tahun 2018, seluruh
lulusan merupakan insan yang cinta dan perduli terhadap Lingkungan Hidup.
9. Pada tahun 2018, seluruh
warga sekolah menguasai dan senantiasa menggunakan ICT sebagai media
pembelajaran, media komunikasi baik antar warga sekolah maupun eksternal
sekolah.
10. Pada
tahun 2018, sebagian
besar guru (sekurang-kurangnya 75%) mampu melaksanakan Kegiatan Belajaran
Mengajar di depan kelas dengan mengacu pada Multiple Intelegensi dari anak
didik dan menggunakan pendekatan yang berlandaskan system pembelajaran Quantum
Teaching dan Quantum Learning.
11. Pada
tahun 2018, telah
dimulai kegiatan Unit Pusat Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di SMA Negeri 2 Kandis bagi guru-guru SMA Negeri 2 Kandis baik dalam bidang Pendidikan Pengajaran maupun Bidang
Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan mengacu pada Program Kegiatan
Peningkatan Mutu Guru Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kab. Siak
H.
PROGAM JANGKA PENDEK (Program Tahunan)
Dalam rangka
mencapai tujuan Program Jangka Pendek maupun Jangka Panjang tersebut diatas,
maka perlu penjabaran tahapan-tahapan kerja yang sistematis dan terukur yang
terbagi dalam tahapan-tahapan tahunan (Progam Jangka Pendek) sehingga dapat
dilaksankan secara baik dan terencana, adapun penjabaran tahapan kerja tersebut
direncanakan sebagai berikut :
a. PROGRAM TAHUN PERTAMA (2014 – 2015)
1. Menanamkan keyakinan dan kesadaran pada anak
didik tentang nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
serta taat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya, hal ini
dilaksanakan secara kontinu, melalui kegiatan belajar mengajar di depan kelas,
kegiatan keagamaan, peringatan hari besar keagamaan maupun pelaksanaan ibadah
bersama, yang dilaksanakan secara rutin, spontanitas maupun keteladanan.
2. Peninjauan dan penyesuaian kembali
KTSP, (kelengkapan dokumen I, dan dokumen II)
3.
Melengkapi bukti fisik 165 komponen dari 8
Standar Nasional Pendidikan.
4.
Mengupayakan kelengkapan administrasi pembelajaran
dari semua guru.
5.
Penataan file administrasi sekolah sesuai bidang
masing-masing (Keuangan, Kepegawaian, Humas, Kesiswaan, Sarana Prasarana).
6.
Pendataan Inventarisasi sarana prasarana sekolah.
7.
Mengusahakan tertib aturan dan administrasi, semua
bentuk kegiatan ada proposal dan laporan pertanggung jawaban secara tertulis.
8.
Tertib dan lengkap notulensi (Analen, notulen harian,
notulen rapat guru, notulen rapat2 masing masing bidang).
9.
Menanamkan nilai-nilai disiplin kepada seluruh siswa baik dalam penampilan
dan berpakaian, tertib waktu, dan melaksanakan kewajiban sebagai siswa
disekolah, melalui Kegiatan Pramuka dan Latihan Baris Berbaris secara rutin
bagi seluruh siswa, karena dengan sikap disiplin yang tinggi segala sesuatu
yang direncanakan akan tercapai dengan baik dan mudah.
10. Membina siswa dalam kegiatan olah raga khususnya
bidang Sepak Bola, Futsal, Bola
Basket dan Bola Volley agar mereka mampu bersaing dibidang olahraga dengan
sesama pelajar di Kecamatan Kandis
11. Menanamkan rasa percaya diri siswa bahwa mereka mampu
bersaing dengan rekan-rekan lainnya yang memiliki kesempatan sekolah di sekolah
yang berada di pusat kota, dengan
cara menunjukkan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki dan dapat diandalkan
sesuai dengan kekhususan sekolah mereka, sehingga mereka memiliki kebanggaan
tersendiri dengan apa yang ada dan mereka miliki.
12. Menata lingkungan sekolah menjadi lingkungan sesuai
dengan kekhususan yang dimiliki sekolah yaitu Sekolah berwawasan khusus
Lingkungan Hidup yang nantinya sekolah dengan halaman dan areal yang ada
dapat menjadi Sekolah Wisata yang memiliki Halaman, Taman Bunga, Budi
daya Tanaman Hias, Taman sayuran, Tanaman Obat, Kebun Buah dan Kolam Ikan,
sehingga sekolah menjadi tempat yang indah dan menyenangkan untuk dikunjungi
serta para siswa merasa tenang dan tentram didalamnya, yang pada akhirnya
Sekolah menjadi tempat study banding, contoh sekolah Indah, Bersih,
Hijau dan Sehat, dan arena wisata bagi sekolah lain dan masyarakat
b. PROGRAM TAHUN KEDUA (2015 – 2016)
1. Menanamkan keyakinan dan kesadaran pada anak didik
tentang nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta
taat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya, hal ini
dilaksanakan secara kontinu, melalui kegiatan belajar mengajar di depan kelas,
kegiatan keagamaan, peringatan hari besar keagamaan maupun pelaksanaan ibadah
bersama, yang dilaksanakan secara rutin, spontanitas maupun keteladanan.
2. Menanamkan nilai-nilai disiplin kepada seluruh siswa
baik dalam penampilan dan berpakaian, tertib waktu, dan melaksanakan kewajiban
sebagai siswa disekolah, melalui Kegiatan Pramuka dan Latihan Baris Berbaris
secara rutin bagi seluruh siswa, karena dengan sikap disiplin yang tinggi
segala sesuatu yang direncanakan akan tercapai dengan baik dan mudah.
3. Menyiapkan pembuatan Laboratorium IT dalam rangka
mengembangkan minat dan bakat siswa dan guru dalam bidang IT baik dalam
kegiatan belajar mengajar maupun pengembangan kemampuan dibidang Teknologi
Informatika.
4. Mengusahakan semua jenis kegiatan sekolah dimulai
tepat waktu.
5. Mendisiplinankan siswa dalam upaya menurunkan tingkat
keterlambatan.
6. Menerapkan aturan sekolah secara konsekuwen.
7. Memilah sampah organik dan unorganik dan mengolahnya
(Pengolahan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat).
8. Mengusahakan peningkatan prestasi akademik dan non
akademik siswa.
9. Meningkatkan profesionalisme semua unsur sekolah
(guru, tenaga tata usaha, tenaga lab, pustakawan, tenaga pelaksana dan keamanan
10. Membina siswa dalam kegiatan olah raga khususnya
bidang Sepak Bola, Footsal, Bola Basket dan Bola Volley agar mereka mampu
bersaing dibidang olahraga dengan sesama pelajar di Kab. Siak
11. Menanamkan rasa percaya diri siswa bahwa mereka mampu
bersaing dengan rekan-rekan lainnya yang memiliki kesempatan sekolah di sekolah
yang berada di pusat kota, dengan cara menunjukkan kelebihan-kelebihan yang
mereka miliki dan dapat diandalkan sesuai dengan kekhususan sekolah mereka,
sehingga mereka memiliki kebanggaan tersendiri dengan apa yang ada dan mereka
miliki.
12. Menata lingkungan sekolah menjadi lingkungan sesuai
dengan kekhususan yang dimiliki sekolah yaitu Sekolah berwawasan khusus
Lingkungan Hidup yang nantinya sekolah dengan halaman dan areal yang ada
dapat menjadi Sekolah Wisata yang memiliki Halaman, Taman Bunga, Budi
daya Tanaman Hias, Taman sayuran, Tanaman Obat, Kebun Buah, sehingga sekolah
menjadi tempat yang indah dan menyenangkan untuk dikunjungi serta para siswa
merasa tenang dan tentram didalamnya, yang pada akhirnya Sekolah menjadi tempat
study banding, contoh sekolah Indah, Bersih, Hijau dan Sehat, dan
arena wisata bagi sekolah lain dan masyarakat
c. PROGRAM TAHUN KETIGA (2016 – 2017)
1.
Menanamkan keyakinan dan kesadaran pada anak didik tentang nilai-nilai
keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta taat melaksanakan
ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya, hal ini dilaksanakan secara kontinu,
melalui kegiatan belajar mengajar di depan kelas, kegiatan keagamaan,
peringatan hari besar keagamaan maupun pelaksanaan ibadah bersama, yang
dilaksanakan secara rutin, spontanitas maupun keteladanan.
2.
Menghilangkan bentuk bentuk kegiatan yang bertentangan
dengan persaudaraan sejati.
3.
Saling membantu dan mendukung jika ada teman yang
mengalami kesulitan dalam hal pergaulan maupun ketertinggalan dalam belajar.
4.
Pelaksanaan kegiatan sekolah (ekstra kurikuler) yang
bisa membaur dari seluruh kelas.
5.
Mengusahakan budaya kakak kelas bisa menjadi pengayon
dan panutan yang baik bagi adik kelasnya.
6.
Mengusahakan setiap angkatan bisa lulus dan naik kelas
100% dengan pencapaian nilai minimal SKM.
7.
Mengusahakan siswa yang nyaman dan santun
8.
Mengusahakan lulusan diterima di Perguruan
Tinggi Negeri terakreditasi minimal 60%
9.
Menciptakan budaya sekolah yang dicintai dan disegani oleh masyarakat.
10. Menanamkan nilai-nilai disiplin kepada seluruh siswa
baik dalam penampilan dan berpakaian, tertib waktu, dan melaksanakan kewajiban
sebagai siswa disekolah, melalui Kegiatan Pramuka dan Latihan Baris Berbaris
secara rutin bagi seluruh siswa, karena dengan sikap disiplin yang tinggi
segala sesuatu yang direncanakan akan tercapai dengan baik dan mudah.
11. Menyiapkan pembuatan Laboratorium IT dalam rangka
mengembangkan minat dan bakat siswa dan guru dalam bidang IT baik dalam
kegiatan belajar mengajar maupun pengembangan kemampuan dibidang Teknologi
Informatika.
12. Membina siswa dalam kegiatan olah raga khususnya
bidang Sepak Bola, Footsal, Bola Basket dan Bola Volley agar mereka mampu
bersaing dibidang olahraga dengan sesama pelajar di Kab. Siak
13. Menanamkan rasa percaya diri siswa bahwa mereka mampu
bersaing dengan rekan-rekan lainnya yang memiliki kesempatan sekolah di sekolah
yang berada di pusat kota, dengan cara menunjukkan kelebihan-kelebihan yang
mereka miliki dan dapat diandalkan sesuai dengan kekhususan sekolah mereka,
sehingga mereka memiliki kebanggaan tersendiri dengan apa yang ada dan mereka
miliki.
14. Menata lingkungan sekolah menjadi lingkungan sesuai
dengan kekhususan yang dimiliki sekolah yaitu Sekolah berwawasan khusus
Lingkungan Hidup yang nantinya sekolah dengan halaman dan areal yang ada
dapat menjadi Sekolah Wisata yang memiliki Halaman, Taman Bunga, Budi
daya Tanaman Hias, Taman sayuran, Tanaman Obat, Kebun Buah, sehingga sekolah
menjadi tempat yang indah dan menyenangkan untuk dikunjungi serta para siswa
merasa tenang dan tentram didalamnya, yang pada akhirnya Sekolah menjadi tempat
study banding, contoh sekolah Indah, Bersih, Hijau dan Sehat, dan
arena wisata bagi sekolah lain dan masyarakat
d. PROGRAM TAHUN KEEMPAT (2017 – 2018)
1. Menanamkan keyakinan dan kesadaran pada anak didik
tentang nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta
taat melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya, hal ini
dilaksanakan secara kontinu, melalui kegiatan belajar mengajar di depan kelas,
kegiatan keagamaan, peringatan hari besar keagamaan maupun pelaksanaan ibadah
bersama, yang dilaksanakan secara rutin, spontanitas maupun keteladanan.
2.
Mengupayakan budaya transparansi dalam melaksanakan
tugas.
3.
Mengusahakan kemandirian dalam melaksanakan tugas dan
tanggung jawab
4.
Mengusahakan budaya diskusi mencari solusi bersama
untuk kebaikan bersama.
5.
Mengusahakan pembelajaran yang bermutu tinggi yang
menyenangkan.
6. Menjaga nama baik almamater
7. Menanamkan nilai-nilai disiplin kepada seluruh siswa
baik dalam penampilan dan berpakaian, tertib waktu, dan melaksanakan kewajiban
sebagai siswa disekolah, melalui Kegiatan Pramuka dan Latihan Baris Berbaris
secara rutin bagi seluruh siswa, karena dengan sikap disiplin yang tinggi
segala sesuatu yang direncanakan akan tercapai dengan baik dan mudah.
8. Menyiapkan pembuatan Laboratorium IT dalam rangka
mengembangkan minat dan bakat siswa dan guru dalam bidang IT baik dalam
kegiatan belajar mengajar maupun pengembangan kemampuan dibidang Teknologi Informatika.
9. Membina siswa dalam kegiatan olah raga khususnya
bidang Sepak Bola, Footsal, Bola Basket dan Bola Volley agar mereka mampu
bersaing dibidang olahraga dengan sesama pelajar di Kab. Sukabumi
10. Menanamkan rasa percaya diri siswa bahwa mereka mampu bersaing
dengan rekan-rekan lainnya yang memiliki kesempatan sekolah di sekolah yang
berada di pusatkota, dengan cara menunjukkan kelebihan-kelebihan yang mereka
miliki dan dapat diandalkan sesuai dengan kekhususan sekolah mereka, sehingga
mereka memiliki kebanggaan tersendiri dengan apa yang ada dan mereka miliki.
11. Menata lingkungan sekolah menjadi lingkungan sesuai
dengan kekhususan yang dimiliki sekolah yaitu Sekolah berwawasan khusus
Lingkungan Hidup yang nantinya sekolah dengan halaman dan areal yang ada
dapat menjadi Sekolah Wisata yang memiliki Halaman, Taman Bunga, Budi
daya Tanaman Hias, Taman sayuran, Tanaman Obat, Kebun Buah , sehingga sekolah
menjadi tempat yang indah dan menyenangkan untuk dikunjungi serta para siswa
merasa tenang dan tentram didalamnya, yang pada akhirnya Sekolah menjadi tempat
study banding, contoh sekolah Indah, Bersih, Hijau dan Sehat, dan
arena wisata bagi sekolah lain dan masyarakat