foto kantor

foto kantor

Rabu, 19 Agustus 2015

TUPOKSI



URAIAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI JABATAN
DI SMA NEGERI 2 KANDIS


1)        KEPALA SEKOLAH
Kepala sekolah berfungsi dan bertugas sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator (EMASLIM)
I     KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR PENDIDIK
1.      Kemampuan membimbing guru
a.       Kemampuan membimbing program pengajaran
b.      Melaksanakanprogram pengajaran/BK
c.       Melaksanakan evaluasi dan analisa/hasil evaluasi
d.      Melaksanakan program perbaikan /pengajaran
2.      Kemampuan membimbing karyawan
a.       Kemampuan membimbing karyawan dalam menyusun program kerja
b.      Kemampuan membimbing karyawan dalam melaksanakan tugas sehari-hari
3.      Kemampuan membimbing siswa
a.       Kemampuan membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler
b.      Kemampuan membimbing OSIS
c.       Kemampuan membimbing siswa untuk mengikuti lomba
4.      Kemampuan membimbing staf
a.       Melalui pendidikan dan pelatihan
b.      Melalui seminar/diskusi
c.       Melalui bahan bacaan
d.      Melalui pertemuan sejawat MGMP
e.       Memperhatikan kenaikan pangkat
f.       Mengusulkan kenaikan jabatan melalui seleksi calon Kepala Sekolah
5.      Kemampuan belajar/mengikuti perkembangan IPTEK
a.       Melalui pendidikan / pelatihan
b.      Melalui pertemuan profesi /MKKS
c.       Melalui seminar/diskusi
d.      Melalui buku bacaan
6.      Kemampuan memberi contoh mengajar yang baik
a.       Memiliki jadwal mengajar minimal 6 jamperminggu
b.      Memiliki prota, program semester, satuan pelajaran, rencana program dan daftar nilai
II.           KEPALA SEKOLAH SELAKU MANAJER MEMPUNYAI TUGAS :
1.    Merumuskan visi, misi, strategi; dan menerapkan strategi pengelolaan dan pembelajaran
2.    Menetapkan kebijakan mutu pemenuhan standar dan keunggulan sekolah
3.    Menyusun perencanaan jangka menengah,tahunan, dan semesteran.
4.    Mengorganisasikan dan mengarahkan kegiatan  pengelolaan dan pembelajaran
5.    Melaksanakan pengawasan
6.    Melakukan evaluasi kinerja proses dan output
7.    Mengatur administrasi
a)      ketatausahaan;
b)      kesiswaan;
c)      ketenagaan;
d)     sarana dan prasarana
e)      keuangan / RAPBS
8.         Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
9.      Kemampuan mengoptimalkan sumber daya sekolah
a.       Memanfaatkan sumber daya manusia secara optimal
b.      Memamfaatkan sarana /prasara secara optimal
c.       Membuat sarana/prasarana milik sekolah
III.    KEPALA SEKOLAH SELAKU ADMINISTRATOR BERTUGAS MENYELENGGARAKAN ADMINISTRASI :
1.      Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pembinaan bidang pengelolaan dan pembelajaran dan bimbingan.
2.  Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembinaan kesiswaan dan pengembangan prestasisiswa.
3.        Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pembinaan ketatausahaan yang meliputi;
·           kantor,
·           kesiswaan
·           kurikulum
·           sarana
·           ketenagaan
·           keuangan,
4.         Pengelolaan perpustakaan, labolatorium, ruang multimedia, keterampilan, kesenian, UKS, OSIS, serbaguna, pusat sumber belajar
5.         Pengelolaan 6K  (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan dan kekeluargaan)
6.         Pengelolaan penjaminan mutu pengelolaan dan pembelajaran
IV.   KEPALA SEKOLAH SELAKU SUPERVISOR BERTUGAS MENYELENGGARAKAN SUPERVISI MENGENAI :
1.         Program jangka menengah dan tahunan dalam pengelolaan dan pembelajaran
2.         Program peningkatan mutu dalam 8 standar nasional pendidikan
3.         Program kegiatan bimbingan dan konseling
4.         Program tata usaha
5.         Pembinaan prestasi siswa, kegiatan OSIS dan Ekstrakurikuler.
6.      Kemampuan menyusun program supervisi
a.       Memiliki program supervisi KBM dan BK
b.      Memiliki program supervisi untuk kegiatan ekstrakurikuler
7.      Kemampuan melaksanakan program supervisor
a.       Memilki program supervisi kelas/klinis
b.      Melaksanakan program supervisi dadakan
c.       Melaksanakan hasil supervisi untuk kegiatan ekstrakurikuler
8.      Kemampuann menggunakan hasil supervisi
a.       Memanfaatkan hasil supervisi untuk meningkatkan guru dan karyawan
b.      Memanfaatkan hasil supervisi untuk pengembanagan sekolah
  V. KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER/PEMIMPIN
             1.     Memiliki kepribadaian yanh kuat
                  a.  Jujur
                  b.  Percaya diri
                   c.  Bertanggung jawab.
             2.  Memahami kondisi anaka buah dengan baik.
                  a.   Memahami kondisi karyawan
                  b.  Memahami kondisi guru
                  c.  Memahami kondisi siswa
             3.   Memiliki visi dan memahami misi sekolah
                  a.  Memiliki visi tentang sekolah yang dipimpinnya
                  b.  Memahami visi yang diemban sekolah
             4.   Memiliki kemampuan mengambial keputusan
                   a.  Mampu mengambil keputusan untuk urusan intern sekolah
                   b.  Mampu mengambil keputusan untuk urusan ekstern sekolah
              5.   Memiliki Kemampuan berkomunikasi
                   a.  Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik
                   b.  Mampu menunangkan gagasan dalam bentuk tulisan              
VI. KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR 
1.      Kemampuan mencari /mentukan gagasan baru untuk pembaharuan sekolah
a.        Mampu mencari gagasan baru
b.       Mampu memiliki gagasan
2.      Kemampuan melakukan pembaharuan disekolah
a.       Mampu melakaukan pembaharuan dibidang KBM
b.      Mampu melakukan pembaharuan dibidang pengadaan dan pembinaan guru dan karyawan
c.       Mampu melakukan pembaharuan dibidang kegiatan ekstrakurikuler
d.   Mampu melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya komite sekolah dan masyarakat.



VII.KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR
1.      Mampu Mangatur lingkungan Kerja (Fisik)
a.       Mampu mengatur ruang kantor yang konduktif untuk bekerja
b.      Mampu menghatur ruang kelas yang konduktif untuk KBM dan Bk
c.       Mampu mengatur ruang perpustakan yang konduktif untuk belajar
d.      Mampu mengatur ruang laboratorium yang konduktif untuk praktikum
e.       Mampu mengatur halaman /lingkungan sekolah yang sejuk dan teratur
2.      Kemampuan Mengatur Suasana Kerja (Non Fisik)
a.       Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama guru
b.      Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis sesama karyawan
c.       Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis antara guru dan karyawan
d.    Mampu menciptakan hubungan kerja yang harmonis antara sekolah dan lingkungannya.
3.      Kemampuan Menerapkan Prinsip Penghargaan dan Hukuman
a.       Mampu menerapkan prinsip penghargaan (Reward)
b.      Mampu menerapkan prinsip-prinsip hukuman
Dalam  melaksanakan  tugasnya,  Kepala  Sekolah  dapat  mendelegasikan  kepada Wakil Kepala Sekolah pada bidangnya masing-masing .
2)             Wakabid Kurikulum
Membantu Kepala Sekolah dalam :
a.    Penetapkan kebijakan mutu dalam standar SKL isi, proses, dan penilaian.
b.    menyusun program, mengatur pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran
c.    menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran;
d.   Mengelola informasi dan web bidang peningkatan mutu pembelajaran
e.    menyusun jadwal dan pelaksanaan ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas serta ujian akhir sekolah & nasional
f.     Menyusun anggaran kegiatan
g.    menerapkan kriteria persyaratan naik / tidak naik dan kriteria penjurusan serta kriteria kelulusan;
h.    mengatur jadwal penerimaan buku Laporan Penilaian Hasil Belajar dan Ijazah;
i.      mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan administrasi guru;
j.      membina kegiatan MGMP;
k.    menyusun laporan pendayagunaan MGMP;
l.      melaksanakan pemilihan guru teladan;
m.  membina kegiatan lomba-lomba bidang akademis, seperti : OSN, Karya Ilmiah, mengarang dan lain-lain.
n.    melaksanakan dan menyusun jadwal pelajaran tambahan.
o.    Melaporkan persentase ketidak hadiran guru dalam PBM
p.    Membuat jadwal pelaksanaan pembagian  rapor
q.      Mengkoordiasikan Penyusunan dan Revisi Kurikulum SMA Negeri 2 Kandis
r.        Memberikan pelayanan klinik akademik kepada para siswa sesuai kebutuhannya dengan jadwal yang disepakati diluar jam pelajaran
s.       Berkoordinasi dengan Wakabid yang relevan
t.        Melaksanakan pelaporan pelaksanaan program secara berkala kepada kepala sekolah
u.      Melaporkan hasil dan target kelulusan kepada kepala sekolah
3)        Wakabid Kesiswaan
Membantu Kepala Sekolah dalam :
a.    Merencanankan, melaksanakan dan mengevaluasi program pembinaan kesiswaan/OSIS;
b.    melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa/OSIS dalam rangka menegakan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS;
c.    Berkoordinasi dengan wali kelas dan guru tentang keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan, keindahan, dan kekeluargaan (6K)
d.   Memberi pengarahan dan penilaian dalam pemilihan pengurus OSIS
e.    Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
f.     Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerimaan siswa baru
g.    menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidental,
h.    membina dan melaksanakan koordinasi keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan keindahan dan kekeluargaan ( 6 K )
i.      melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima bea siswa,
j.      mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah;
k.    mengatur mutasi siswa;
l.      menyusun program kegiatan ekstrakulikuler, dan
m.  menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala;
n.    Bekerjasama dengan humas untuk pelaksanaan kegiatan hari-hari besar dan hari-hari keagamaan.
o.    Melaksanakan kegiatan  MOS
p.    Melaksanakan kegiatan perpisahan siswa
q.    Menyusun dan mengusulkan anggaran kegiatan
r.     Melaksanakan evaluasi dan melaporkan kegiatan kepada kepala sekolah
s.     Berkoordinasi dengan BP/BK dalam hal masalah kesiswaan
4)             Wakabid Humas
Membantu Kepala Sekolah dalam :
a.       Merencanakan, melaksanakan, dan mengvaluasi pengembangan kerja sama dengan pemerintahan, lembaga masyarakat, lembaga pendidikan di dalam negeri.
b.      Menyusun dan mengusulkan anggaran.
c.       Mengkoordinir sistem pengelolan informasi melalui websekolah
d.      Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua/wali siswa;
e.       Membina hubungan antar sekolah dengan Komite Sekolah;
f.       Menyusun data out-put/out-come beserta sebarannya di perguruan tinggi
g.      Mengelola data prestasi siswa sebagai bahan publikasi dan pencitraan sekolah
h.      Membina pengembangan hubungan antar sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga sosial lainnya; dan
i.        Melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga yang terkait dengan pengembangan pengetahuan siswa
j.   Melakukan publikasi informasi sekolah melalui media cetak dan elektronik.
k.      Menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakatkan secara berkala kepada kepala sekolah.
5)        Wakabid  Sarana/Prasarana
Membantu Kepala Sekolah dalam :
a.       Menyusun rencana kebutuhan sarana prasarana sekolah yang mengacu kepada  Rencana Kerja Tahunan sekolah.
b.      Mengelola informasi dan web bidang peningkatan dan pemberdayaa sarana.
c.       Menyusun program dan mengkoordinir pemeliharaan inventaris sekolah
d.      Merumuskan dan mengusulkan anggaran.
e.       Mengkoordinasikan dan mengadministrasikan pendayagunaan sarana prasarana sekolah;
f.       Mengelola alat-alat pembelajaran;
g.      Melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah dalam pelaksanaan tugasnya
h.      Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana secara berkala.
6)        Wali Kelas
Wali Kelas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.    pengelolaan kelas yang meliputi ketersediaan :
1.         denah tempat duduk siswa,
2.         bendera Merah Putih
3.         papan absensi siswa,
4.         daftar pelajaran kelas,
5.         daftar piket kelas,
6.         buku absensi kelas,
7.         buku kegiatan pembelajaran / buku agenda kelas, dan
8.         jam dinding
9.         tanaman/penghijauan kelas
10.     tata tertib kelas.
b.    penyusunan / pembuatan statistik kehadiran dan prestasi bulanan siswa,
c.    pembuatan daftar kumpulan nilai siswa (legger),
d.   pembuatan catatan khusus tentang siswa,
e.    pencatatan mutasi siswa,
f.     mengingatkan kewajiban administrasi keuangan siswa di kelasnya
g.    memproyeksikan peringkat calon siswa jalur SNMPTN
h.    pengisian buku Laporan Penilaian Hasil Belajar/rapor
i.      pembagian buku Laporan Penilaian Hasil Belajar/rapor
j.      Berkoordinasi dengan guru BK untuk melaksanakan penangan siswa dan home visit
k.    Berkoordinasi dengan seluruh Guru

7). Guru

a.       Membuat dan menyiapkan program serta perangkat pembelajaran
b.      Melakukan sosialisasi Kompetensi Dasar (KD), Standar Kompetensi, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Sistem dan prosedur penilaian kepada siswa di awal pertemuan sebelum proses belajar mengajar awal dimulai
c.       Melaksanakan kegiatan penilaian berkesinambungan
d.      Membuat daftar nilai
e.       Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
f.       Melaksanakan kegiatan membimbing siswa dalam kegiatan pembelajaran
g.      Membuat bahan ajar
h.      Membuat alat peraga/pelajaran
i.        Membuat media pembelajaran
j.        Melaksanakan tugas tambahan di sekolah
k.      Mengadakan pengembangan setiap bidang pelajaran yang menjadi tanggungjawabnya
l.        Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-masing siswa yang diajarnya
m.    Meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran
n.      Ikut berperan aktif dalam menegakan disiplin siswa
o.      Bertanggung jawab terhadap  kebersihan dan penghijauan ruang kelas dan ruang praktikum
p.      Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya
q.      Berkoordinasi dengan guru BK untuk melaksanakan penangan siswa dan home visit
r.        Berkoordinasi dengan seluruh Guru

8)    Pembina dan Pelatih Ektrakurikuler

a.         Menyusun rencana program pembinaan dan pelatihan kegiatan masing-masing ekstrakurikuler
b.        Melaksanakan kegiatan  pembinaan dan pelatihan secara periodik
c.         Membimbing siswa dalam kegiatan-kegiatan pertandingan/perlombaan
d.        Mengadministrasikan dan melaporkan penilaian masing-masing kegiatan ekstrakurikuler sebelum pelaksanaan UAS dan UN
e.         Melaksanakan penelitian dan pengembangan masing-masing kegiatan ekstra kurikuler
f.         Membuat laporan perkembangan prestasi setiap cabang ekstrakurikuler secara berkala
g.        Melaksanakan koordinasi dan memberikan laporan kepada WakaSek Kesiswaan.
h.        Berkoordinasi dengan seluruh Pembina

9)   Guru Piket

a.       Bertanggungjawab atas ketertiban dan kelancaran kegiatan belajar mengajar
b.      Mencatat kehadiran guru yang bertugas pada hari yang bersangkutan
c.       Mengontrol keadaan kelas
d.      Mencari dan mencatat guru pengganti yang sejenis berserta jumlah jamnya
e.       Menandatangasi surat ijin masuk/keluar bagi siswa yang terlambat atau  yang meninggalkan sekolah selama KBM berlangsung
f.       Mencatat identitas, menerima dan melayani tamu yang akan berurusan dengan  kepala sekolah
g.      Mengisi pelanggaran siswa sesuai dengan jenis pelanggarannya
h.      Membuat laporan harian selama menjalankan tugas piket KBM dalam buku piket harian.

10). Guru Bimbingan dan Konseling
Guru Bimbingan dan Konseling membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.      Menyusun program pelaksanaan bimbingan dan konseling.
b.      Melakukan koordinasi dengan Wali Kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar.
c.      Memberikan layanan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar.
d.      Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai.
e.      Mengadakan penelitian pelaksanaan bimbingan dan konseling.
f.       Menyusun statistik hasil penilaian bimbingan dan konseling.
g.      Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar.
h.      Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling.
i.        Mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling.
j.        Menyusun laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling.
k.         Menerima dan melayani tamu orang tua siswa yang berkonsultasi untuk    kepentingan anaknya
l.           Menangani siswa yang bermasalah
m.       Mencatat setiap kejadian kasus yang terjadi selama menjalankan piket untuk dilakukan tindak lanjutnya
n.         Mengisi buku catatan pelanggaran siswa sesuai dengan jenis pelanggarannya
o.         Membuat laporan harian tentang kejadian-kejadian selama menjalankan tugas piket
11). Petugas Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan Sekolah membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.     Merencanakan pengadaan buku/bahan pustaka/media elektronika
b.    Mangurus pelayanan perpustakaan
c.     Merencanakan pengembangan perpustakaan
d.    Memelihara dan perbaikan buku-buku/bahan pustaka/media elektronika
e.     Menginventarisasi dan mengadministrasikan buku-buku/bahan pustaka/ media elektronika
f.     Menyimpan buku-buku perpustakaan/media elektronika
g.    Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala.




12).  Pengelola Laboratorium
Pengelola Laboratorium membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.       Merencanakan pengadaan alat dan bahan Laboratorium.
b.      Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium.
c.       Menyusun program tugas-tugas laboran.
d.      Mengatur, menyimpan dan daftar alat-alat laboratorium.
e.       Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium.
f.       Menginventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat laboratorium.
g.      Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium.
13). Petugas Tata Usaha
Petugas Tata Usaha Sekolah bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan Ketatausahaan Sekolah meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.         Menyusun program tata usaha
b.         Mengelola keuangan sekolah
c.         Mengurus administrasi ketenagaan dan siswa
d.        Membina dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
e.         Menyusun administrasi perlengkapan sekolah
f.          Menyusun dan penyajian data/statistic sekolah
g.         Mengkoordinasikan dan melaksanakan 6 K
h.         Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kepengurusan ketatausahaan



Kandis, Januari 2015
Kepala Sekolah




Drs.SAWIRMAN,MM
NIP.196602061999031003