URAIAN
TUGAS POKOK DAN FUNGSI JABATAN
DI SMA NEGERI 2 KANDIS
1)
KEPALA SEKOLAH
Kepala sekolah berfungsi dan bertugas sebagai Edukator, Manajer,
Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator (EMASLIM)
I KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR PENDIDIK
1. Kemampuan membimbing guru
a. Kemampuan membimbing program pengajaran
b. Melaksanakanprogram pengajaran/BK
c. Melaksanakan evaluasi dan analisa/hasil evaluasi
d. Melaksanakan program perbaikan /pengajaran
2. Kemampuan membimbing karyawan
a. Kemampuan membimbing karyawan dalam menyusun program
kerja
b. Kemampuan
membimbing karyawan dalam melaksanakan tugas sehari-hari
3. Kemampuan
membimbing siswa
a. Kemampuan membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler
b. Kemampuan
membimbing OSIS
c. Kemampuan membimbing siswa untuk mengikuti lomba
4. Kemampuan membimbing staf
a. Melalui pendidikan dan pelatihan
b. Melalui seminar/diskusi
c. Melalui bahan bacaan
d. Melalui pertemuan sejawat MGMP
e. Memperhatikan kenaikan pangkat
f. Mengusulkan kenaikan jabatan melalui seleksi calon
Kepala Sekolah
5. Kemampuan belajar/mengikuti perkembangan IPTEK
a. Melalui pendidikan / pelatihan
b. Melalui pertemuan profesi /MKKS
c. Melalui seminar/diskusi
d. Melalui buku bacaan
6. Kemampuan memberi contoh mengajar yang baik
a. Memiliki jadwal mengajar minimal 6 jamperminggu
b. Memiliki prota, program semester, satuan pelajaran,
rencana program dan daftar nilai
II.
KEPALA SEKOLAH SELAKU MANAJER MEMPUNYAI TUGAS :
1.
Merumuskan visi, misi, strategi; dan
menerapkan strategi pengelolaan dan pembelajaran
2.
Menetapkan kebijakan mutu pemenuhan
standar dan keunggulan sekolah
3.
Menyusun perencanaan jangka
menengah,tahunan, dan semesteran.
4.
Mengorganisasikan dan
mengarahkan kegiatan pengelolaan dan pembelajaran
5.
Melaksanakan pengawasan
6.
Melakukan evaluasi kinerja
proses dan output
7.
Mengatur administrasi
a)
ketatausahaan;
b)
kesiswaan;
c)
ketenagaan;
d)
sarana dan prasarana
e)
keuangan / RAPBS
8.
Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
9. Kemampuan mengoptimalkan sumber
daya sekolah
a. Memanfaatkan sumber daya manusia
secara optimal
b. Memamfaatkan sarana /prasara
secara optimal
c. Membuat sarana/prasarana milik
sekolah
III.
KEPALA SEKOLAH SELAKU ADMINISTRATOR BERTUGAS MENYELENGGARAKAN ADMINISTRASI :
1. Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pembinaan
bidang pengelolaan dan pembelajaran dan bimbingan.
2. Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi
pembinaan kesiswaan dan pengembangan prestasisiswa.
3. Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pembinaan ketatausahaan yang
meliputi;
·
kantor,
·
kesiswaan
·
kurikulum
·
sarana
·
ketenagaan
·
keuangan,
4.
Pengelolaan perpustakaan,
labolatorium, ruang multimedia, keterampilan, kesenian, UKS, OSIS, serbaguna,
pusat sumber belajar
5.
Pengelolaan 6K (keamanan, kebersihan, ketertiban,
keindahan, kerindangan dan kekeluargaan)
6.
Pengelolaan penjaminan mutu pengelolaan
dan pembelajaran
IV.
KEPALA SEKOLAH SELAKU SUPERVISOR BERTUGAS MENYELENGGARAKAN SUPERVISI
MENGENAI :
1.
Program jangka menengah dan tahunan
dalam pengelolaan dan pembelajaran
2.
Program peningkatan mutu dalam 8 standar
nasional pendidikan
3.
Program kegiatan bimbingan dan
konseling
4.
Program tata usaha
5.
Pembinaan prestasi siswa, kegiatan OSIS
dan Ekstrakurikuler.
6. Kemampuan menyusun program
supervisi
a. Memiliki program supervisi KBM
dan BK
b. Memiliki program supervisi untuk
kegiatan ekstrakurikuler
7. Kemampuan melaksanakan program
supervisor
a. Memilki program supervisi
kelas/klinis
b. Melaksanakan program supervisi
dadakan
c. Melaksanakan hasil supervisi
untuk kegiatan ekstrakurikuler
8. Kemampuann menggunakan hasil
supervisi
a. Memanfaatkan hasil supervisi
untuk meningkatkan guru dan karyawan
b. Memanfaatkan hasil supervisi
untuk pengembanagan sekolah
V.
KEPALA SEKOLAH SEBAGAI LEADER/PEMIMPIN
1. Memiliki
kepribadaian yanh kuat
a. Jujur
b. Percaya
diri
c. Bertanggung
jawab.
2. Memahami
kondisi anaka buah dengan baik.
a. Memahami
kondisi karyawan
b. Memahami
kondisi guru
c. Memahami
kondisi siswa
3. Memiliki
visi dan memahami misi sekolah
a. Memiliki
visi tentang sekolah yang dipimpinnya
b. Memahami
visi yang diemban sekolah
4. Memiliki
kemampuan mengambial keputusan
a. Mampu
mengambil keputusan untuk urusan intern sekolah
b. Mampu
mengambil keputusan untuk urusan ekstern sekolah
5. Memiliki
Kemampuan berkomunikasi
a. Mampu
berkomunikasi secara lisan dengan baik
b. Mampu
menunangkan gagasan dalam bentuk
tulisan
VI.
KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR
1. Kemampuan mencari /mentukan
gagasan baru untuk pembaharuan sekolah
a. Mampu mencari gagasan baru
b. Mampu memiliki gagasan
2. Kemampuan melakukan pembaharuan
disekolah
a. Mampu melakaukan pembaharuan
dibidang KBM
b. Mampu melakukan pembaharuan
dibidang pengadaan dan pembinaan guru dan karyawan
c. Mampu melakukan pembaharuan
dibidang kegiatan ekstrakurikuler
d. Mampu melakukan pembaharuan dalam
menggali sumber daya komite sekolah dan masyarakat.
VII.KEPALA
SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR
1. Mampu Mangatur lingkungan Kerja
(Fisik)
a. Mampu mengatur ruang kantor yang
konduktif untuk bekerja
b. Mampu menghatur ruang kelas yang
konduktif untuk KBM dan Bk
c. Mampu mengatur ruang perpustakan
yang konduktif untuk belajar
d. Mampu mengatur ruang laboratorium
yang konduktif untuk praktikum
e. Mampu mengatur halaman
/lingkungan sekolah yang sejuk dan teratur
2. Kemampuan Mengatur Suasana Kerja
(Non Fisik)
a. Mampu menciptakan hubungan kerja
yang harmonis sesama guru
b. Mampu menciptakan hubungan kerja
yang harmonis sesama karyawan
c. Mampu menciptakan hubungan kerja
yang harmonis antara guru dan karyawan
d. Mampu menciptakan hubungan kerja
yang harmonis antara sekolah dan lingkungannya.
3. Kemampuan Menerapkan Prinsip
Penghargaan dan Hukuman
a. Mampu menerapkan prinsip penghargaan (Reward)
b. Mampu menerapkan prinsip-prinsip hukuman
Dalam
melaksanakan tugasnya, Kepala
Sekolah dapat mendelegasikan kepada Wakil Kepala Sekolah pada bidangnya
masing-masing .
2)
Wakabid Kurikulum
Membantu Kepala Sekolah dalam :
a.
Penetapkan kebijakan mutu dalam standar SKL
isi, proses, dan penilaian.
b.
menyusun program, mengatur pelaksanaan, dan evaluasi
pembelajaran
c.
menyusun pembagian tugas guru dan jadwal
pelajaran;
d.
Mengelola informasi dan web bidang
peningkatan mutu pembelajaran
e.
menyusun jadwal dan pelaksanaan ulangan
harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas
serta ujian akhir sekolah & nasional
f.
Menyusun anggaran kegiatan
g.
menerapkan kriteria persyaratan naik / tidak
naik dan kriteria penjurusan serta kriteria kelulusan;
h.
mengatur jadwal penerimaan buku Laporan
Penilaian Hasil Belajar dan Ijazah;
i.
mengkoordinasikan dan mengarahkan
penyusunan administrasi guru;
j.
membina kegiatan MGMP;
k.
menyusun laporan pendayagunaan MGMP;
l.
melaksanakan pemilihan guru teladan;
m.
membina kegiatan lomba-lomba bidang
akademis, seperti : OSN, Karya Ilmiah, mengarang dan lain-lain.
n.
melaksanakan dan menyusun jadwal
pelajaran tambahan.
o.
Melaporkan persentase ketidak hadiran
guru dalam PBM
p.
Membuat jadwal pelaksanaan pembagian rapor
q.
Mengkoordiasikan Penyusunan dan Revisi
Kurikulum SMA Negeri 2 Kandis
r.
Memberikan pelayanan klinik akademik
kepada para siswa sesuai kebutuhannya dengan jadwal yang disepakati diluar jam
pelajaran
s.
Berkoordinasi dengan Wakabid yang
relevan
t.
Melaksanakan pelaporan pelaksanaan
program secara berkala kepada kepala sekolah
u.
Melaporkan hasil dan target kelulusan
kepada kepala sekolah
3)
Wakabid Kesiswaan
Membantu Kepala Sekolah
dalam :
a.
Merencanankan, melaksanakan dan
mengevaluasi program pembinaan kesiswaan/OSIS;
b.
melaksanakan bimbingan, pengarahan dan
pengendalian kegiatan siswa/OSIS dalam rangka menegakan disiplin dan tata
tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS;
c.
Berkoordinasi dengan wali kelas dan guru tentang keamanan,
kebersihan, ketertiban, kerindangan, keindahan, dan kekeluargaan (6K)
d.
Memberi pengarahan dan penilaian dalam pemilihan pengurus
OSIS
e.
Melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi
f.
Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa
penerimaan siswa baru
g.
menyusun program dan jadwal pembinaan
siswa secara berkala dan insidental,
h.
membina dan melaksanakan koordinasi
keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan keindahan dan kekeluargaan ( 6 K
)
i.
melaksanakan pemilihan calon siswa
teladan dan calon siswa penerima bea siswa,
j.
mengadakan pemilihan siswa untuk
mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah;
k.
mengatur mutasi siswa;
l.
menyusun program kegiatan ekstrakulikuler, dan
m. menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala;
n.
Bekerjasama dengan humas untuk
pelaksanaan kegiatan hari-hari besar dan hari-hari keagamaan.
o.
Melaksanakan kegiatan MOS
p.
Melaksanakan kegiatan perpisahan siswa
q.
Menyusun dan mengusulkan
anggaran kegiatan
r.
Melaksanakan evaluasi dan melaporkan
kegiatan kepada kepala sekolah
s.
Berkoordinasi dengan BP/BK dalam hal masalah kesiswaan
4)
Wakabid Humas
Membantu Kepala Sekolah dalam :
a.
Merencanakan, melaksanakan, dan
mengvaluasi pengembangan kerja sama dengan pemerintahan, lembaga masyarakat,
lembaga pendidikan di dalam negeri.
b.
Menyusun dan mengusulkan anggaran.
c.
Mengkoordinir sistem pengelolan
informasi melalui websekolah
d.
Mengatur dan menyelenggarakan
hubungan sekolah dengan orang tua/wali siswa;
e.
Membina hubungan antar sekolah
dengan Komite Sekolah;
f.
Menyusun data out-put/out-come beserta
sebarannya di perguruan tinggi
g.
Mengelola data prestasi siswa sebagai
bahan publikasi dan pencitraan sekolah
h.
Membina pengembangan hubungan antar
sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga sosial lainnya; dan
i.
Melakukan kerjasama dengan
lembaga-lembaga yang terkait dengan pengembangan pengetahuan siswa
j.
Melakukan publikasi informasi sekolah
melalui media cetak dan elektronik.
k.
Menyusun laporan pelaksanaan
hubungan masyarakatkan secara berkala kepada kepala sekolah.
5)
Wakabid Sarana/Prasarana
Membantu Kepala Sekolah dalam :
a.
Menyusun rencana kebutuhan sarana
prasarana sekolah yang mengacu kepada Rencana Kerja Tahunan sekolah.
b.
Mengelola informasi dan web bidang
peningkatan dan pemberdayaa sarana.
c.
Menyusun program dan mengkoordinir
pemeliharaan inventaris sekolah
d.
Merumuskan dan mengusulkan anggaran.
e.
Mengkoordinasikan dan
mengadministrasikan pendayagunaan sarana prasarana sekolah;
f.
Mengelola alat-alat pembelajaran;
g.
Melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah dalam
pelaksanaan tugasnya
h.
Menyusun laporan pelaksanaan urusan
sarana dan prasarana secara berkala.
6)
Wali Kelas
Wali Kelas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai
berikut :
a.
pengelolaan kelas yang meliputi
ketersediaan :
1.
denah tempat duduk siswa,
2.
bendera Merah Putih
3.
papan absensi siswa,
4.
daftar pelajaran kelas,
5.
daftar piket kelas,
6.
buku absensi kelas,
7.
buku kegiatan pembelajaran / buku agenda
kelas, dan
8.
jam dinding
9.
tanaman/penghijauan kelas
10.
tata tertib kelas.
b.
penyusunan / pembuatan statistik
kehadiran dan prestasi bulanan siswa,
c.
pembuatan daftar kumpulan nilai siswa
(legger),
d.
pembuatan catatan khusus tentang siswa,
e.
pencatatan mutasi siswa,
f.
mengingatkan kewajiban administrasi keuangan
siswa di kelasnya
g.
memproyeksikan peringkat calon siswa
jalur SNMPTN
h.
pengisian buku Laporan Penilaian Hasil
Belajar/rapor
i.
pembagian buku Laporan Penilaian Hasil
Belajar/rapor
j.
Berkoordinasi dengan guru BK untuk
melaksanakan penangan siswa dan home visit
k.
Berkoordinasi dengan seluruh Guru
7). Guru
a.
Membuat dan menyiapkan program serta
perangkat pembelajaran
b.
Melakukan sosialisasi Kompetensi Dasar
(KD), Standar Kompetensi, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Sistem dan
prosedur penilaian kepada siswa di awal pertemuan sebelum proses belajar mengajar
awal dimulai
c.
Melaksanakan kegiatan penilaian berkesinambungan
d.
Membuat daftar nilai
e.
Menyusun dan melaksanakan program
perbaikan dan pengayaan
f.
Melaksanakan kegiatan membimbing siswa
dalam kegiatan pembelajaran
g.
Membuat bahan ajar
h.
Membuat alat peraga/pelajaran
i.
Membuat media pembelajaran
j.
Melaksanakan tugas tambahan di sekolah
k.
Mengadakan pengembangan setiap bidang
pelajaran yang menjadi tanggungjawabnya
l.
Membuat catatan tentang kemajuan hasil
belajar masing-masing siswa yang diajarnya
m.
Meneliti daftar hadir siswa sebelum
memulai pelajaran
n.
Ikut berperan aktif dalam menegakan disiplin
siswa
o.
Bertanggung jawab terhadap kebersihan dan penghijauan ruang kelas dan
ruang praktikum
p.
Mengumpulkan dan menghitung angka kredit
untuk kenaikan pangkatnya
q.
Berkoordinasi dengan guru BK untuk
melaksanakan penangan siswa dan home visit
r.
Berkoordinasi dengan seluruh Guru
8) Pembina dan Pelatih Ektrakurikuler
a.
Menyusun rencana program pembinaan dan
pelatihan kegiatan masing-masing ekstrakurikuler
b.
Melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelatihan secara periodik
c.
Membimbing siswa dalam kegiatan-kegiatan
pertandingan/perlombaan
d.
Mengadministrasikan dan melaporkan penilaian
masing-masing kegiatan ekstrakurikuler sebelum pelaksanaan UAS dan UN
e.
Melaksanakan penelitian dan pengembangan
masing-masing kegiatan ekstra kurikuler
f.
Membuat laporan perkembangan prestasi
setiap cabang ekstrakurikuler secara berkala
g.
Melaksanakan koordinasi dan memberikan
laporan kepada WakaSek Kesiswaan.
h.
Berkoordinasi dengan seluruh Pembina
9) Guru Piket
a.
Bertanggungjawab atas ketertiban dan
kelancaran kegiatan belajar mengajar
b.
Mencatat kehadiran guru yang bertugas
pada hari yang bersangkutan
c.
Mengontrol keadaan kelas
d.
Mencari dan mencatat guru pengganti yang
sejenis berserta jumlah jamnya
e.
Menandatangasi surat ijin masuk/keluar
bagi siswa yang terlambat atau yang
meninggalkan sekolah selama KBM berlangsung
f.
Mencatat identitas, menerima dan melayani
tamu yang akan berurusan dengan kepala
sekolah
g.
Mengisi pelanggaran siswa sesuai dengan
jenis pelanggarannya
h.
Membuat laporan harian selama
menjalankan tugas piket KBM dalam buku piket harian.
10). Guru Bimbingan dan Konseling
Guru Bimbingan dan Konseling
membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.
Menyusun
program pelaksanaan bimbingan dan konseling.
b.
Melakukan
koordinasi dengan Wali Kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang
dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar.
c.
Memberikan
layanan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar.
d.
Memberikan
saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan
pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai.
e.
Mengadakan
penelitian pelaksanaan bimbingan dan konseling.
f.
Menyusun
statistik hasil penilaian bimbingan dan konseling.
g.
Melaksanakan
kegiatan analisis hasil evaluasi belajar.
h.
Menyusun
dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling.
i.
Mengikuti
kegiatan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling.
j.
Menyusun
laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling.
k.
Menerima dan melayani tamu orang tua
siswa yang berkonsultasi untuk
kepentingan anaknya
l.
Menangani siswa yang bermasalah
m.
Mencatat setiap kejadian kasus yang
terjadi selama menjalankan piket untuk dilakukan tindak lanjutnya
n.
Mengisi buku catatan pelanggaran siswa
sesuai dengan jenis pelanggarannya
o.
Membuat laporan harian tentang
kejadian-kejadian selama menjalankan tugas piket
11). Petugas Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan Sekolah membantu Kepala Sekolah dalam
kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.
Merencanakan
pengadaan buku/bahan pustaka/media elektronika
b.
Mangurus
pelayanan perpustakaan
c.
Merencanakan
pengembangan perpustakaan
d.
Memelihara
dan perbaikan buku-buku/bahan pustaka/media elektronika
e.
Menginventarisasi
dan mengadministrasikan buku-buku/bahan pustaka/ media elektronika
f.
Menyimpan
buku-buku perpustakaan/media elektronika
g.
Menyusun
laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala.
12). Pengelola Laboratorium
Pengelola Laboratorium membantu Kepala Sekolah
dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a. Merencanakan pengadaan alat dan bahan Laboratorium.
b. Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan
laboratorium.
c. Menyusun program tugas-tugas laboran.
d. Mengatur, menyimpan dan daftar alat-alat
laboratorium.
e. Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium.
f. Menginventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat
laboratorium.
g. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium.
Petugas Tata Usaha Sekolah bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dan mempunyai
tugas melaksanakan Ketatausahaan Sekolah meliputi kegiatan-kegiatan sebagai
berikut :
a.
Menyusun
program tata usaha
b.
Mengelola
keuangan sekolah
c.
Mengurus
administrasi ketenagaan dan siswa
d.
Membina
dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
e.
Menyusun
administrasi perlengkapan sekolah
f.
Menyusun
dan penyajian data/statistic sekolah
g.
Mengkoordinasikan
dan melaksanakan 6 K
h.
Menyusun
laporan pelaksanaan kegiatan kepengurusan ketatausahaan
Kandis, Januari 2015
Kepala Sekolah
Drs.SAWIRMAN,MM
NIP.196602061999031003
|